Selasa, 05 Juni 2012

Kenapa Harus Organik



Pestisida dapat masuk kedalam tubuh melalui beberapa cara :
Pestisida
  1. Makanan
  2. Melalui pestisida
  3. Pestisida dalam air minum
  4. Pekerja yang menggunakan pestisida.


Kelompok dan Bahaya Pestisida
  • Organophosphat yang akan berikatan dengan choline esterase (Sel Syaraf)
  • Organochlorine bahan-bahan aktif dalam kumpulan racun ini dapat dikelompokkan dalam 3 kelas yaitu : 1). Sangat Toksik. 2)Toksik Medium. 3)Toksik Rendah.
  • Carbamat seperti pada organophosphat, carbamat juga menyerang syaraf dan berikatan sementara dengan choline esterase (neurotransmitter).
Sehat Adalah Pilihan?
Benarkah beras organik lebih sehat dan menyehatkan dibandingkan dengan beras an-organik? Jika ingin menjawab pertanyaan ini maka  diperlukan kajian dan penelitian antara orang yang mengkonsumsi beras organik dengan beras an-organik!
Benarkah orang yang mengkonsumsi beras organik itu lebih sehat? Atau apakah orang yang mengkonsumsi beras an-organik lebih tidak sehat? Jika belum ada penelitian tentang itu, maka beras organik tidak berhak mengklaim lebih sehat dan beras an-organik juga sehat!
Tetapi ada beberapa perbedaan mendasar yang masyarakat dapat dilakukan dengan mudah! Jika asumsinya beras organik lebih baik daripada beras an-organik karena sifat kandungan nutrisi, residu pestisida dan fisik beras berbeda, maka beras organik harus mempunyai beberapa kelebihan! Sederhananya, membedakan beras organik dan beras an-organik, ketika setelah jadi nasi, beras organik lebih tahan basi ketimbang beras an-organik. Sebagaimana gambar beras organik Bale Pare di atas, beras organik kelihatan lebih natural dan bening sekalipun diproses dengan alat sosoh yang sederhana.
Akhirnya, beras organik mempunyai segmentasinya sendiri, sekalipun harganya lebih mahal ketimbang beras an-organik. Karena membeli beras itu pilihan, sebagaimana masyarakat sadar mengkonsumsi makanan yang kurang baik akan menyebabkan badan menjadi tidak sehat! Benarkah beras organik lebih menyehatkan? Untuk mengetahui itu, jawabannya adalah COBA, BANDINGKAN dan RASAKAN!….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar